Definisi Algoritma Dan Penerapan Dalam Kehidupan

Definisi Algoritma
Algoritma pertama kali ditemukan oleh ilmuwan islam yang bernama Abu Jabar Muhammad Ibnu Musa Al Khawaritzmi. Definisi algoritma ada beberapa macam :

1. Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
2. Urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah
3. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis
4. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi
Jadi dapat disimpulkan bahwa algortima adalah langkah-langkah pemecahan masalah yang terdefinisi dengan jelas sehingga diperoleh pemecahan masalah tersebut.

Algoritma Dalam Kehidupan
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Setiap orang mempunyai pola pikir yang berbeda sehingga setiap orang akan membuat algoritma yang berbeda pula. Algoritma dikatakan benar apabila dapat menyelesaikan suatu masalah. Dalam penyusunan suatu algoritma dipertimbangkan juga masalah efisiensi. Dan tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari kita sering menerapka algoritma, seperti : resep masakan, mencuci piring, menyapu halaman, menggunakan telepon, mandi, dan lain-lain. Contoh algoritma menggunakan telepon umum :
1. Angkat gagang telepon
2. Masukkan koin
3. Tekan nomor yang dituju
4. Bicara
5. Letakkan gagang telepon

Algoritma Sebagai Salah Satu Sub Bidang Dalam Ilmu Komputer
Ilmu komputer  (computer science) adalah ilmu pengetahuan yang berisi tentang teori, metodologi, desain & implementasi, yang berhubungan dengan komputasi, komputer dan algoritmanya dalam perspektif perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Ilmu komputer sangat berkaitan erat dengan algoritma, hampir semua bidang dari ilmu komputer tidak terlepas dari algoritma. Bahkan pada saat ini, studi tentang algoritma telah menjadi sub bidang khusus dalam ilmu komputer. Studi atau ilmu yang mempelajari tentang algoritma sering disebut dengan algorithmics. Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang dengan baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak atau lambat dan tidak efisien. Algoritma dibutuhkan untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan suatu masalah. Agar algoritma dapat diproses oleh komputer, maka algoritma harus dirubah menjadi bentuk program (melalui proses pemrograman).

Syarat-syarat Algoritma
1. Tidak ambigu (mempunyai tafsiran ganda)
2. Tepat
3. Pasti, walaupun dilakukan beberapa kali hasilnya selalu sama

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Identitas Nasional

Progress Aplikasi Database Hotel Kelompok 6

CODING PROGRAM C++ MENU MAKANAN