Pertemuan 3 KSK - Pengiriman Paket Data & Lapisan Keamanan pada Paket Data

Ketika kita meminta atau melakukan browsing via internet, paket data yang diminta terlebih dahulu dilabeli sebuah alamat ip. Di mana alamat ip tersebut yang akan menandakan ke mana paket itu tertuju dan paket itu akan pulang. Setelah itu paket data akan berada di dalam jaringan LAN, di mana dari jaringan LAN tersebut akan menuju ke jaringan internet yang lebih luas. Di dalam jaringan LAN
sendiri terdapat alat yang namanya Router. Router di sini berfungsi untuk mengatur lalu lintas data yang ada di jaringan LAN dan memindahkan data sesuai dengan alamat ip. Setelah melalui perjalanan di jaringan LAN, paket akan bertemu dengan sebuah Proxy. Proxy ini sebagai gateway untuk dunia internet. Di proxy ini, bekerja untuk menyaring paket data dengan melihat alamat url.

Ketika paket data telah berada di dalam jaringan internet, router kembali akan memindahkan data sesuai alamat ipnya.

Media yang digunakan untuk lalu lintas paket data di jaringan internet yang luas dapat berupa, kabel fiber optic, kabel lan, dll.

Sebelum data memasuki jaringan server, paket data terlebih dahulu bertemu dengan firewall. Di sini firewall berfungsi untuk membagi paket data berdasarkan alamat yg dituju menggunakan port. Misalkan port 25 untuk menuju ke mail server, port 80 untuk web server.


Ketika paket data berada di dalam proxy, tugas selanjutnya proxy memfilter komputer dan paket data dari serangan komputer yang biasa disebut ping of death yang dapat menyebabkan komputer crash. Setelah melewati proxy server, paket data akan dibaca oleh web server dan mengirimkan ulang paket data yang diminta ke computer user melalui rangkaian lalu lintas pengiriman yang panjang.

Jenis-jenis Port :
A.Port 80

  HTTP port Server Web

  Port yang digunakan untuk meminta alamat URL di web server


B. Port 21

  Port Server FTP

  Port yang digunakan oleh file transfer protokol. Ketika seseorang mengakses FTP server maka FTP Client akan melakukan koneksi melalui port 21.

C. Port 25

SMTP (Simple Mail Transfer Protokol)

Merupakan port server mail yang digunakan dalam berkomunikasi (pengiriman email)


D. Port 23

Telnet Server

Digunakan  apabila clien telnet berhubungan dengan server telnet.


E. Port 53

DNS port (Domain Net Server)

Digunakan untuk penerjemahan nama domain ke IP address

Lapisan Keamanan pada Pengiriman Paket Data
1. Proxy
žProxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server.

žDan proxy juga berfungsi sebagai filtering pada suatu konten termasuk konten dewasa. Misalnya suatu sekolah yang menyediakan internet sebagai sarana pembelajaran siswanya, dengan menggunakan proxy kita dapat mencegah siswa-siswa tersebut untuk membuka website dewasa.

2. Firewall
Adalah salah satu aplikasi pada sistem operasi  yang dibutuhkan oleh jaringan komputer untuk melindungi integritas data/sistem jaringan dari serangan-serangan pihak yang tidak bertanggung jawabCaranya dengan melakukan filterisasi terhadap paket-paket yang melewatinya.
Firewall tersusun dari aturan-aturan yang diterapware atau sistem itu sendiri dengan tujuan untuk melindungi jaringan, baik melakukan filterisasi, membatasi ataupun menolak suatu permintaan koneksi dari luarkan baik terhadap hardware, software.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Identitas Nasional

Progress Aplikasi Database Hotel Kelompok 6

CODING PROGRAM C++ MENU MAKANAN